Jokowi Resmi Lantik Enam Menteri dan Lima Wamen Baru, Ini Daftarnya

Ameidyo Daud Nasution
23 Desember 2020, 09:57
jokowi, kabinet, reshuffle
ANTARA FOTO/Setpres/Laily Rachev/handout/wsj.
Presiden Joko Widodo (keempat kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin (keempat kanan) berfoto bersama dengan enam orang calon menteri baru di Kabinet Indonesia Maju Jilid 2 usai diumumkan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020). Jokowi resmi melantik menteri dan wakil menteri baru pada Rabu (23/12).

Presiden Joko Widodo akhirnya melantik formasi terbaru Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). Ada enam Menteri baru dan lima Wakil Menteri yang dilantik hari ini.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12). Enam nama Menteri yang dilantik adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Perdagangan M. Lutfi.

Adapun Wakil Menteri yang dilantik adalah Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Pahala Manshury, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra, Wakil Menteri Pertanian Harfiq Hasnul Qolbi , dan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Edward Omar Syarif Hiariez.

Pelantikan menteri dan wamen dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor 133/P Tahun 2020 serta  Keppres Nomor 76/M Tahun 2020 Kedua Keppres tersebut mulai berlaku Rabu, 23 Desember 2020.

Acara diawali dengan pembacaan nama-nama menteri dan wakil menteri. Setelah itu mereka mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Presiden.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi diikuti dengan pengucapan sumpah oleh para menteri dan wakil menteri, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...