Ancaman Jokowi saat Luncurkan 3 Bansos: Jangan Ada yang Dipotong

Rizky Alika
4 Januari 2021, 16:47
bansos, jokowi, bantuan sosial
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Presiden Joko Widodo bersiap meninjau penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020). PResiden memerintahkan tak ada potongan dalam penyaluran bansos 2021.

Presiden Joko Widodo meluncurkan tiga program bantuan sosial (bansos) 2021, yaitu program keluarga harapan (PKH), bantuan sosial tunai (BST), dan program sembako. Dalam pembagian tersebut, Jokowi kembali mengulang instruksinya agar nominal bantuan bagi penerima tidak dipotong.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga meminta para menteri dan gubernur untuk terus mengawal proses penyaluran bansos di lapangan. Bantuan akan dikirimkan langsung kepada penerima manfaat melalui bank pemerintah atau PT Pos Indonesia (Persero).

"Saya ulang-ulang terus agar bantuan yang diterima ini nilainya utuh dan tidak ada potongan-potongan," kata Jokowi dalam acara Peluncuran Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/1). Acara tersebut turut dihadiri oleh para gubernur secara virtual.

Jokowi pun meminta dana bansos tersebut diutamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti sembako dan kebutuhan pangan lainnya. Secara khusus, ia mengingatkan masyarakat agar menggunakannya tepat sasaran.

"Hati-hati nih yang bapak-bapak. Jangan dipakai untuk beli rokok. Belikan sembako sehingga bisa mengurangi beban keluarga di saat masa pandemi ini," kata Jokowi.

Apalagi pemerintah telah mengalokasikan anggaran bansos sebesar Rp 110 triliun bagi penerima manfaat di seluruh wilayah. Hal ini untuk membantu masyarakat dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Bansos tersebut diberikan melalui beberapa skema. PKH akan disalurkan melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yaitu Bank Mandiri, BRI, Bank BNI, dan Bank BTN dalam empat tahap, yaitu Januari, April, Juli serta Oktober.

Kemudian, program sebesar Rp 200 ribu/bulan/keluarga akan disalurkan pada Januari-Desember 2021. Adapun, bantuan ini juga akan disalurkan oleh himbara melalui kartu keluarga sejahtera.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...