Jokowi Tebar Optimisme Investasi Akan Deras Masuk ke RI Awal 2021

Rizky Alika
5 Januari 2021, 12:43
jokowi, Covid-19, investasi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/aww.
Presiden Joko Widodo mengenakan masker saat memimpin upacara pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Presiden mengatakan investasi akan banyak masuk RI pada awal 2021

Presiden Joko Widodo mengatakan perekonomian akan bangkit pada tahun ini. Hal ini ditandai dengan sejumlah investasi yang akan masuk ke Tanah Air.

Menurutnya, investasi tersebut akan mendorong pembukaan lapangan kerja sebanyak mungkin. Hal ini akan mendorong perekonomian Indonesia di tengah persaingan global yang ketat.

Advertisement

"Perekonomian sudah mulai sedikit bangkit dan akan terus bangkit lebih baik, ditandai dengan semakin banyaknya investasi di awal tahun 2021 ini," kata Jokowi dalam Rapat Terbuka Dies Natalis ke-58 Universitas Brawijaya secara virtual, Selasa (5/1).

Jokowi mengatakan 2021 adalah tahun harapan usai kesulitan yang melanda pada 2020. Apalagi program vaksinasi Covid-19 saat ini akan segera dilakukan pemerintah. 

"Vaksinasi segera dilakukan tapi kita semua harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin," katanya.

Namun peluang tersebut perlu diikuti dengan kesiapan Indonesia di berbagai bidang seperti sumber daya manusia yang unggul, berkarakter kebangsaan, inovatif, dan kompetitif. Menurut Jokowi, hal tersebut bisa membawa RI memenangkan kompetisi dunia yang diliputi dengan ketidakpastian.

Sebelumnya, sejumlah investor dikabarkan tengah melirik Indonesia. Salah satunya, CEO Tesla Elon Musk berminat untuk menjajaki peluang investasi di Tanah Air.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement