Jokowi Beri Target Menkes: Vaksinasi Corona Beres Kurang dari Setahun

Rizky Alika
5 Januari 2021, 17:31
covid-19, jokowi, virus corona
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Presiden Joko Widodo bersiap meninjau penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020).Jokowi memerintahkan Menkes Budi Gunadi rampungkan vaksinasi Covid-19 kurang dari setahun.

Presiden Joko Widodo mencanangkan target rampungnya vaksinasi Covid-19 dalam waktu singkat. Ia memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menyelesaikan pemberian vaksin corona dalam waktu kurangd ari setahun.

Jokowi mengatakan, Budi awalnya menargetkan vaksinasi akan selesai dalam waktu 15 bulan. Namun Presiden meminta target waktu tersebut dipercepat.

Advertisement

"Saya tawar kurang dari setahun sudah harus selesai," kata Jokowi pada acara Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Se-Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/1).

 Presiden menjelaskan bahwa vaksinasi di berbagai negara akan berlangsung dalam waktu tiga setengah tahun. Oleh sebab itu pemerintah akan bekerja keras demi memutus rantai penularan pandemi. "Kita butuh beraktivitas normal lagi," katanya.

Jokowi juga menyampaikan sebanyak 15 juta bahan baku vaksin virus corona dari Sinovac, Tiongkok bakal mendarat di Indonesia. Bahan tersebut bakal diproses oleh PT Bio Farma (Persero) sebelum. didistribusikan ke berbagai daerah

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan distribusi vaksin ke daerah dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, pengiriman dilakukan sebanyak 700 ribu vaksin. Sedangan stok vaksin di Tanah Air saat ini mencapai 3 juta vaksin. 

Jokowi juga mengatakan vaksinasi Covid-19 akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan. Selain itu, vaksin bakal diberikan kepada pelayan publik seperti TNI, Polri, dan guru. "(Kemudian) langsung berbarengan dengan masyarakat," ujar dia.

Sebagaimana adiketahui, pemerintah melakukan pengadaan vaksin melalui lima jalur. Rinciannya, empat jalur bilateral dan satu jalur multilateral.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement