Jokowi Peringatkan Kementerian dan Pemda Tak Hambat Investasi

Rizky Alika
6 Januari 2021, 18:18
pemda, jokowi, investasi
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Proyek pembangunan gedung bertingkat di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (2/1/2021). Presiden Joko Widodo meminta Menteri dan kepala daerah tak hambat investasi demi pacu ekonomi 2021.

Presiden Joko Widodo meminta para menteri dan kepala daerah agar tidak menghambat masuknya investasi. Alasannya, investasi menjadi kunci pemulihan ekonomi setelah Indonesia dihantam pandemi Covid-19.

Ia berharap, kementerian/lembaga dan pemda dapat memberikan pelayanan yang cepat kepada investor. Selain itu, gubernur menangani langsung investasi yang masuk dalam jumlah besar agar terealisasi.

Advertisement

"Berulang saya sampaikan agar jangan ada kementerian dan pemda yang menghambat adanya investasi," kata Jokowi dalam Rapat Terbatas Penanganan Pandemi Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/1).

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, investasi akan menjadi kunci pemulihan ekonomi lantaran Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara (APBN) tidak bisa membiayai seluruh pembangunan. Di sisi lain, kapasitas pembiayaan oleh BUMN terbatas sehingga ada kesenjangan antara kebutuhan dan kemampuan pendanaan.

Oleh karena itu, pemerintah juga meluncurkan Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF). Dengan demikian, kebutuhan pembiayaan tidak hanya bergantung pada APBN dan pinjaman.

"Ini agar para Gubernur mengetahui, sehingga kita memiliki sebuah terobosan dalam rangka pembiyaaan nasional," ujar dia di hadapan para gubernur yang hadir secara virtual.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden meminta para gubernur untuk mempercepat perizinan pembangunan lumbung pangan di daerahnya. Hal ini agar program food estate berhasil terwujud demi mewujudkan ketahanan pangan. "Kami harap di 2021 bisa selesai," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement