Persiapan Vaksinasi Corona Daerah, Masih Ada yang Belum Terima Vaksin

Ameidyo Daud Nasution
12 Januari 2021, 17:10
vaksin, covid-19, daerah
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.
Petugas menurunkan vaksin COVID-19 Sinovac dari truk untuk ditempatkan di ruang pendingin di UPTD Instalasi Farmasi, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021). Pemerintah Provinsi Jawa Barat mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 ke kabupaten dan kota sebagai persiapan vaksinasi yang dilaksanakan 14 Januari 2021 mendatang.

Berbagai daerah terus mendistribusikan vaksin Covid-19 Sinovac jelang dimulainya vaksinasi pada pekan ini. Mayoritas akan memulai penyuntikan pada Kamis (14/1) atau satu hari setelah suntikan pertama diberikan kepada Presiden Joko Widodo.

Meski demikian, ada pula wilayah yang belum mendapatkan vaksin hingga saat ini, salah satunya Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat. Kepala Dinas Kesehatan Mataram dr Usman Hadi berharap distribusi ke daerahnya bisa dilakukan pada Rabu (13/1).

“Informasinya hari ini dikirim ke Pulau Sumbawa, harapan kita besok distribusi untuk Pulau Lombok,” ujar Usman, Selasa (12/1) dikutip dari Antara.

Usman mengatakan Dinkes Provinsi NTB belum memberi kepastian kuota vaksin untuk Kota Mataram. Namun, jumlah tenaga kesehatan yang menjadi sasaran mencapai 7 ribu orang. "Idealnya kami diberikan 14 ribu dosis sesuai jumlah nakes untuk dua tahap," katanya.

Sedangkan DKI Jakarta siap memulai vaksinasi pada tanggal 14 Januari. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya telah menerima 39.200 dosis vaksin Sinovac. Sedangkan jumlah tenaga kesehatan yang disasar sebenarnya mencapai 119.145 orang.

“Vaksinasi akan dilakukan di Puskesmas hingga rumah sakit yang ada di DKI dan yang diutamakan jajaran kesehatan terlebih dahulu," ujar Riza, Senin (11/1) dikutip dari Antara.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan tiga wilayah di Jateng yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo juga akan memulai vaksinasi pada Kamis (14/1). Adapun Jateng menerima 62.650 vaksin pada tahap pertama.

"Vaksinator sudah siap semua karena Jateng termasuk yang mendaftarkan seluruh puskesmas sejak awal,” kata Ganjar.

Di Jawa Timur, Kota Malang telah mendapatkan alokasi 12 ribu dosis. Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan alokasi tersebut setara dengan jumlah tenaga kesehatan di kota apel.

Dia mengatakan pekan lalu, Pemerintah Kota Malang telah memperbarui data tenaga kesehatan prioritas penerima vaksin. Sebelumnya sudah ada 7.050 tenaga medis yang telah terverifikasi. “Sudah hampir linier dengan yang kami daftarkan,” kata Sutiaji, Selasa (12/1).

Sejumlah daerah di luar Pulau Jawa juga tengah mempersiapkan vaksinasi, salah satunya Provinsi Riau. Gubernur Riau Syamsuar mengatakan vaksin telah dikirim ke tiga wilayah yakni Kota Pekanbaru sebanyak 11.040 dosis, Kabupaten Kampar 2.400 dosis, dan Kabupaten Pelalawan yakni 1.800 dosis.

“Masyarakat Riau harus mendukung pelaksanaan vaksinasi agar dapat berjalan lancar,” kata Syamsuar, Selasa (12/1).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...