Kotak Hitam FDR Pesawat Sriwijaya Ditemukan, Masih Dicari Kotak CVR

Ameidyo Daud Nasution
12 Januari 2021, 19:00
sriwijaya air, blackbox, kecelakaan
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Petugas Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memindahkan Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-18 yang jatuh di perairan Pulau Seribu, di Dermaga JICT, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Pencarian Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu mulai menemukan titik terang. Penyelam dari Tim Komando Pasukan Katak TNI AL berhasil menemukan kotak hitam yang berisi Flight Data Recorder (FDR) SJ 182 pada pukul 16.40 WIB di perairan sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan saat ini tim masih mencari Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat tersebut. Dia optimis dalam waktu tak lama lagi alat yang mereka percakapan kokpit pesawat akan ditemukan.

“Kami yakin karena beacon CVR juga ditemukan di sekitar titik itu,” kata Hadi dalam konferensi pers di JICT, Jakarta, Selasa (12/1) seperti disiarkan dari Kompas TV.

Hadi mengatakan meski kotak hitam ditemukan, tugas tim belum akan berakhir. Mereka masih terus mengevakuasi jenazah korban dan potongan pesawat. “Evakuasi badan pesawat ini dalam rangka melengkapi data yang diperlukan Komite Nasional keselamatan transportasi (KNKT),” kata Hadi.

Temuan FDR tersebut telah diserahkan pihak TNI AL kepada KNKT pada Selasa (12/1) pukul 17.30 WIB. Adapun Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan proses pengunduhan FDR akan memakan waktu dua sampai lima hari.

“Semoga lancar dan bisa mengungkap misteri (penyebab kecelakaan),” kata Soerjanto.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...