Jokowi Target Ratusan UMKM Naik Kelas Usai Gandeng 59 Korporasi Besar

Rizky Alika
18 Januari 2021, 12:10
jokowi, umkm, korporasi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pool/wsj.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pengarahan saat pemberian bantuan modal kerja di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/7/2020). Jokowi berharap UMKM naik kelas dengan kerja sama dengan 59 perusahaan besar.

Sebanyak 196 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menandatangani kerja sama berpotensi Rp 1,5 triliun dengan 59 perusahaan domestik dan asing. Presiden Joko Widodo pun mengharapkan langkah tersebut dapat mendorong UMKM untuk naik kelas.

Kerja sama ini akan mendorong UMKM untuk masuk dalam rantai pasok global. Tak hanya itu, kualitas usaha UMKM bakal semakin kompetitif, memiliki desain yang lebih baik, dan memiliki akses perbankan lebih baik.

Advertisement

"Semua diperbaiki dan manfaatkan kolaborasi dengan usaha besar ini,” kata Jokowi dalam sambutannya secara virtual di acara penandatanaganan tersebut, Senin (18/1).

Dengan kerja sama tersebut, UMKM dapat mempelajari skema kerja dari perusahaan besar dalam negeri dan asing. Jokowi juga berharap pengusaha kecil bisa belajar untuk meningkatkan nilai tambah dan distribusi produk. 

"Itu yang kami inginkan sehingga secara signifikan mengingkatkan kelas dan daya saing UMKM kita di pasar global," ujar Presiden.

Selain itu, mantan Walikota Solo ini meminta kemitraan tersebut diperluas agar ekspor produk UMKM meningkat. Harapannya, pelaku usaha besar dan usaha kecil bisa saling memperoleh keuntungan.

"Bisnis model kemitraan seperti ini harus terus dilembagakan, harus menemukan pola relasi yang menguntungkan, semua harus untung," ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement