Dampak Gempa, Jokowi Janjikan Bantuan Dana Perbaiki Rumah Warga Sulbar

Ameidyo Daud Nasution
19 Januari 2021, 15:47
jokowi, bencana alam, gempa bumi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
Presiden Joko Widodo (kanan) menyapa pengungsi gempa bumi di Stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (19/1/2021). Presiden Joko Widodo meninjau penanganan pascabencana gempa bumi magnitudo 6,2 yang terjadi di daerah tersebut.

Presiden Joko Widodo hari ini meninjau dampak gempa yang terjadi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Dalam kunjungannya, Jokowi memastikan pemerintah akan membantu pembangunan rumah warga yang roboh akibat diguncang gempa.

Dia menjelaskan, warga yang rumahnya rusak berat akan diberi bantuan Rp 50 juta, rusak sedang mendapatkan Rp 25 juta, dan rusak ringan sebesar Rp 10 juta. Tak hanya itu, pemerintah pusat akan membangun kembali gedung pemerintahan yang ambruk terkena gempa.

Advertisement

“Kami harapkan dengan bantuan pemerintah pusat, pemulihan kembali baik rumah yang roboh maupun ekonomi, layanan pemerintah, akan kembali normal,” kata Jokowi dalam siaran televisi Kompas TV,  Selasa (19/1).

Dalam kunjungannya, Jokowi juga ingin memastikan proses evakuasi, bantuan logistik, serta kondisi tenda pengungsi berjalan dengan baik. Mantan Wali Kota Solo itu juga menyampaikan duka cita atas jatuhnya korban akibat bencana alam tersebut.

“Kurang lebih 80 yang meninggal ditemukan. Semoga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan kesabaran,” katanya.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dan Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement