Harapan DPR hingga Mendagri ke Komjen Listyo Jelang Uji Calon Kapolri

Ameidyo Daud Nasution
19 Januari 2021, 22:06
polri, kapolri, hukum
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12/2020). Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di DPR sebagai calon Kapolri, Rabu (20/1).

Proses pemilihan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kepala Polri akan memasuki tahap akhir di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Rencananya, komisi hukum dewan akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan Listyo pada Rabu (20/1).

Adapun Tim Ahli Calon Kapolri telah menyerahkan makalah yang akan dipaparkan Kepala Badan Reserse Kriminal tersebut kepada Komisi III DPR, Selasa (19/1). Penyerahan dilakukan oleh Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Innspektur Jenderal Ferdi Sambo, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, dan Kapolda Aceh Wahyu Widada.

Advertisement

Anggota Komisi III Arsul Sani mengatakan pembuatan makalah pada uji kelayakan calon Kapolri sebelumnya tak dilakukan. Akan tetapi lantaran kali ini tak ada kunjungan anggota dewan ke kediaman calon, maka makalah tetap dibuat.

“Komisi III akan mengajukan pertanyaan berdasarkan bahan dan visi misi yang diberikan sore ini,” kata Arsul, Selasa (19/1) dikutip dari Antara.

Ketua Komisi III Herman Hery berharap kebijakan Kapolri baru relevan terhadap tantangan Indonesia ke depan. Salah satu yang menjadi tantangan adalah ancaman dari perkembangan teknologi informasi.

Selain itu ia berharap Listyo lebih menekankan pendekatan keadilan restorative (restorative justice). Hal ini bisa dilakukan demi memenuhi rasa keadilan semua orang dengan keterlibatan pelaku, korban, dan masyarakat.

“Kinerja petugas kepolisian sebagai penegak hukum tak melulu diukur dari banyaknya tersangka yang diajukan ke pengadilan,” kata Herman, 

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga telah memberi masukan kepada Listyo untuk memperkuat soliditas internal Polri. Apalagi Listyo memiliki banyak senior yang dilompati jika terpilih menjadi Tribrata-1.

“Pak Sigit sama dengan saya, banyak seniornya di atas,” kata mantan Kapolri ini.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement