Semua Fraksi di Komisi III DPR Restui Komjen Listyo Jadi Kapolri

Ameidyo Daud Nasution
20 Januari 2021, 15:47
polisi, kapolri, listyo sigit
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Kabareskrim Polri yang juga Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) memberikan keterangan pers usai mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di Lobi Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Komisi III DPR RI setujui pengangkatan Listyo sebagai Kapolri.

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui Komisaris Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Polri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Seluruh fraksi yang ada di komisi hukum menerima Kepala Badan Reserse Kriminal tersebut memimpin Korps Bhayangkara.

Pengesahan dilakukan tak lama usai uji kepatutan dan kelayakan Listyo digelar siang ini. Sebelumnya, seluruh fraksi yang ada telah menyampaikan pendapat akhir mengenai hasil uji kelayakan.

Advertisement

“Pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Pol Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Pol Listyo Sigit sebagai kapolri,” kata Ketua Komisi III Herman Hery dalam penyataan akhirnya, Rbu (20/1).

Anggota Komisi III dari Fraksi PDIP Nurdin mengatakan persetujuan diberikan usai mendengarkan pemaparan Listyo. Dia menjelaskan PDIP juga meyakini integritas mantan Kapolresta Surakarta tersebut. “Maka layak dan patut menjadi Kapolri dan kami setujui,” kata Nurdin.

Sedangkan Anggota Komisi III dari Fraksi Gerindra Wihadi Wiyanto mengatakan partai besutan Prabowo Subiianto tersebut memandang positif peta jalan Listyo dalam transformasi kepolisian. Roadmap tersebut mengusung tema menuju Polri yang presisi.

“Berdasarkan pandangan tersebut, maka kami menyatakan setuju,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement