Perintah Jokowi: Percepat Santunan Keluarga Korban Pesawat SJ 182

Rizky Alika
20 Januari 2021, 16:54
Sriwijaya air, jokowi, kecelakaan
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Presiden Joko Widodo bersiap meninjau penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020). Jokowi minta Jasa Raharja dan Sriwijaya Air selesaikan santunan keluarga korban SJ 182.

Presiden Joko Widodo menyaksikan penyerahan santunan oleh PT Jasa Raharja (Persero) dan PT Sriwijaya Air Group kepada korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Jasa Raharja memberikan santunan sebesar Rp 50 juta per penumpang, sedangkan Sriwijaya menyiapkan Rp 1,25 miliar per penumpang.

Penyerahan santunan dilakukan oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo kepada tiga perwakilan, yaitu keluarga almarhumah Rahmania Ekananda, almarhumah Fatima Azalina, dan almarhumah Grislend Natalies.

Sementara, Direktur Utama PT Sriwijaya Air Jefferson Jauwena memberikan santunan kepada satu perwakilan, yaitu almarhum Yohanes Suherdi. "Saya mengucapkan terima kasih atas santunan ini dan segera diselesaikan untuk keseluruhan korban dan penumpang," kata Jokowi dalam siaran konferensi pers saat meninjau posko darurat evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Jakarta, Rabu (20/1).

 Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memberikan apresiasi kepada tim SAR gabungan yang terdiri dari Kementerian Perhubungan, Basarnas, TNI, Polri, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan lainnya. Dengan kerja keras mereka, serpihan pesawat dalam ukuran besar dan kecil telah ditemukan.

Tak hanya itu, tim SAR juga telah menemukan kotak hitam pesawat. "Tinggal menunggu CVR (Cockpit Voice Recorder)," kata Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu juga menyampaikan duka mendalam kepada keluarga korban. Ia berharap, keluarga korban dapat diberikan keikhlasan dan kesabaran.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengingatkan jajarannya bahwa keselamatan transportasi adalah hal utama. Oleh sebab itu, ia meminta agar Kemenhub dan KNKT melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap pesawat yang akan terbang. "Ini demi keselamatan masyarakat, demi keselamatan penumpang," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...