Jokowi Prediksi Lima Sektor Usaha yang Tetap Berkibar Selama Covid-19

Rizky Alika
21 Januari 2021, 13:02
jokowi, pangan, covid-19
Laily Rachev|Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo melantik menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Rabu (23/12/2020). Jokowi memprediksi lima sektor usaha ini akan bertahan di tengah pandemi.

Berbagai macam sektor usaha anjlok dihantam pandemi Covid-19. Namun Presiden Joko Widodo memperkirakan ada lima sektor yang akan bertahan selama corona.

Kelima sektor itu ialah pangan, farmasi dan rumah sakit, teknologi, jasa keuangan, dan pendidikan. Oleh sebab itu lima ini akan terus menjadi perhatian pemerintah.

Advertisement

"Ini perlu terus kita kembangkan," kata Jokowi dalam pembukaan Webinar 11th Kompas100 CEO Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/1).

Apalagi Jokowi masih menemukan permasalahan dalam pengembangan beberapa sektor tersebut. Di sektor pangan, ia menyoroti impor sejumlah komoditas seperti gula, jagung, kedelai, dan bawang putih meski lahan tanam di RI relatif luas.

Sebagai contoh, Indonesia sempat memiliki lahan bawang putih di Nusa Tenggara Barat, Temanggung, dan Wonosobo. Namun, saat ini lahan tersebut sudah tidak ada karena para petani setempat merasa kalah bersaing.

Ia pun memerintahkan jajarannya memperbaiki masalah impor komoditas dan mendorong produk substitusi impor. Selain itu, Jokowi juga mengajak para pengusaha untuk menggandeng petani.

"Saya mengajak agar para CEO bisa merancang sebuah kolaborasi kerja sama antara yang besar dengan para petani," ujar Jokowi.

Masalah serupa juga terjadi di sektor farmasi. Mantan Wali Kota Solo itu menyampaikan sebanyak 80-85% produk farmasi masih berasal dari impor.

Padahal, Indonesia masih memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan produk di dalam negeri. Terlebih, anak-anak bangsa memiliki kemampuan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement