Jokowi Tetap Kucurkan Banyak Bansos Tahun Ini untuk Kerek Daya Beli

Rizky Alika
21 Januari 2021, 15:15
bansos, jokowi, covid-19
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pool/wsj.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pengarahan saat pemberian bantuan modal kerja di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/7/2020). Joowi masih akan melanjutkan pemberian aneka bansos demi kurangi dampak pandemi.

Presiden Joko Widodo melanjutkan rangkaian bantuan dana untuk mengurangi dampak Covid-19. Program bantuan sosial yang dimaksud adalah bantuan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hingga bantuan modal darurat.

Menurutnya, keberlanjutan program perlindungan sosial dilakukan untuk mendorong daya beli masyarakat agar konsumsi rumah tangga bergerak. Dengan demikian, permintaan akan meningkat dan akan ikut mengerek ekonomi

"Lalu yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), yang belum kerja, kartu prakerja, ini juga terus," kata Jokowi dalam pembukaan Webinar 11th Kompas100 CEO Forum di Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/1).

Namun, Mantan Walikota Solo itu menyadari sumbangan terbesar pada peningkatan daya beli masyarakat berasal dari kelas menengah. "Yang sampai saat ini belum begerak naik permintaannya," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan guna menekan pandemi. Ia pun mengajak seluruh pihak untuk menjalankan 3M yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Di sisi lain, ia meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memperkuat penelusuruan (tracing), pengetesan (testing), dan perawatan (treatment). "Ini harus terus diperbaiki," kata Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan mencatat penyerapan anggaran program pemulihan ekonomi nasional (PEN) hingga 31 Desember 2020 hanya mencapai Rp 579,78 triliun atau 83,4% dari target Rp 695,2 triliun. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...