Kemenkes Menduga Bupati Sleman Terpapar Covid-19 Sebelum Vaksinasi

Rizky Alika
22 Januari 2021, 20:02
vaksin, covid-19, bupati sleman
ANTARA
Bupati Sleman Sri Purnomo menerima vaksin virus corona pada Kamis (14/1). Sepekan kemudian, Sri dinyatakan positif Covid-19. Kemenkes duga Sri terkena Covid sebelum vaksinasi Covid-19.

Kementerian Kesehatan angkat bicara soal Bupati Sleman, Sri Purnomo yang positif Covid-19 usai menjalani vaksinasi pada 14 Januari lalu. Mereka menduga Sri sudah terpapar virus sebelum disuntik vaksin.

Juru Bicara vaksinasi yang juga Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular dan Zoonotik Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan vaksin Sinovac dikembangkan dari virus yang dimatikan. Hal ini membuat peluang terkena infeksi dari vaksin bernama CoronaVac tersebut kecil.

Advertisement

Siti menjelaskan secara klinis waktu terpapar dengan gejala virus memiliki rentang lima sampai enam hari. Hal ini disebutnya cocok dengan hasil tes yang diterima Sri yakni tanggal 20 Januari.

“Sangat mungkin ketika pak Bupati vaksinasi berada dalam masa inkubasi Covid-19, tapi tidak menunjukkan gejala,” kata Siti dalam konferensi pers secara virtual dari Istana Kepresidenan, Jumat (22/1).

Dia mengatakan vaksinasi dilakukan dua kali karena sistem imunitas tubuh memerlukan waktu untuk mengetahui cara melawan virus. Suntikan pertama akan memicu respons kekebalan awal, sedangkan vaksinasi kedua akan memperkuat respons imun tubuh dan memicu antibodi.

“Suntikan kedua itu booster membentuk antibodi dan terbentuk setelah tiga minggu,” katanya.

Siti juga menyampaikan rasa prihatin dengan kondisi yang dialami Sri. Selain itu dia berpesan agar masyarakat tetap patuh protokol kesehatan meski telah menjalani vaksinasi. “Karena membutuhkan waktu untuk mencapai kekebalan kelompok,” katanya.

Sebelumnya Sri ia mengatakan, awalnya menjalani tes rapid antigen dengan hasil positif. Kemudian dia melanjutkan pemeriksaaan dengan tes usap PCR dan hasilnya menunjukkan positif Covid-19.

Sri mengatakan kondisinya secara umum relatif baik meski sempat muncul gejala batuk. Selanjutnya ia bakal menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke depan.

Nakes Jalani Vaksinasi

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement