Direstui DPR, Jokowi Siapkan Keppres Kapolri Baru & Dewan Pengawas LPI

Rizky Alika
22 Januari 2021, 20:35
jokowi, kapolri, LPI
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan) disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kedua kiri), Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin (kiri) dan Sufmi Dasco Ahmad (kanan) memberi hormat usai sidang paripurna di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (21/1/2021). DPR telah mengirimkan surat persetujuan calon Kapolri dan Anggota Dewan Pengawas LPI ke Presiden Joko Widodo, Jumat (22/1).

Presiden Joko Widodo bakal mengangkat Kepala Polri dan Anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) dari unsur profesional. Pengangkatan tersebut akan dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres).

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Sekretaris Menteri Sekretaris Negara (Sesmensesneg) Setya Utama juga telah menerima surat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).  Kedua surat yang ditujukan kepada Jokowi itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar ke Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (22/1) pukul 10.40.

Posisi Kapolri akan dijabat oleh Komisaris Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal. Ia akan menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

"Akan ditetapkan Keppres pengangkatan Listyo sebagai Kapolri dan Keppres Pengangkatan Dewas LPI yang keanggotaannya terdiri dari Menteri Keuangan, Menteri BUMN, dan unsur profesional," demikian tertulis dalam keterangan pers Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (22/1).

Dalam surat terkait Kapolri, Ketua DPR Puan Maharani menyebutkan Rapat Paripurna pada 21 Januari telah menyetujui laporan Komisi III untuk mengangkat Listyo sebagai Kapolri.  Sedangkan pelantikannya akan dilakukan sebelum masa tugas Idham berakhir pada akhir Januari 2021.

Sementara pada surat lainnya, Puan menyatakan DPR menyetujui nama-nama calon Anggota Dewas LPI dari unsur profesional, yaitu Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari. Meski demikian, belum ada keterangan kapan Anggota Dewan Pengawas LPI dilantik.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...