Gelar Rakernas, AMSI Rumuskan Ekosistem Digital Adil Bagi Media Online

Ameidyo Daud Nasution
24 Januari 2021, 16:57
amsi, media siber, digital
Katadata
AMSI menggelar rakernas untuk merumuskan Program Kerja 2021, Sabtu (23/1). (Foto: AMSI)

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021 guna merumuskan program kerja 2021. Rapat yang dilangsungkan secara virtual tersebut dihadiri 65 peserta yang merupakan perwakilan AMSI di 21 wilayah, Pengurus Nasional AMSI, Majelis Etik, dan Badan Pertimbangan dan Pengawasan Organisasi.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan fokus pembahasan internal dalam rapat mencakup pembenahan organisasi agar semakin profesional. Sedangkan, pembahasan eksternal adalah mendorong ekosistem digital yang sehat.

Advertisement

Bukan tanpa sebab, kondisi saat ini menjadi lebih rumit lantaran sisi bisnis dan distribusi tidak seluruhnya dikuasai media namun bagi platform juga. “AMSI harus membantu jaga agar ekosistem digital lebih fair untuk media online,” kata Chief Content Officer Kapan Lagi Youniverse itu pada rakernas yang diselenggarakan, Sabtu (23/1).

Dalam rapat, setiap wilayah diminta menyampaikan kondisi eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi kinerja tingkat lokal. Sekretaris Jenderal AMSI Wahyu Dhyatmika mengatakan sinkronisasi kondisi pusat dan wilayah penting demi membangun persepsi yang sama.

“Agar terbangun persepsi yang searah dalam mencapai tujuan dan sasaran,” kata Wahyu yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Tempo ini.

Perwakilan Majelis Etik AMSI yakni Yosep Adi Prasetyo meminta AMSI mengubah cara berpikir dari wartawan menjadi pebisnis untuk kesejahteraan pers itu sendiri. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan Panduan dan Prinsip Etika Bisnis perusahaan media siber sebagai pegangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement