Deteksi Corona di Kereta Akan Pakai GeNose, Para Ahli Beri Peringatan

Ameidyo Daud Nasution
24 Januari 2021, 20:18
GeNose, kereta, covid-19
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Pegawai PT KAI (persero) menghembuskan nafasnya pada kantong nafas untuk dites dengan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Pakar harap KAI tak jadikan GeNose sebagai alat deteksi utama Covid-19 di penumpang kereta.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana menjadikan Gajah Mada Electric Nose Covid-19 atau GeNose untuk mendukung deteksi Covid-19 pada penumpang kereta api. Namun, para ahli berharap alat tersebut tak dijadikan satu-satunya metode deteksi corona pada pengguna kereta.

Epidemiolog dari Griffith University Dr Dicky Budiman mengatakan GeNose masih belum bisa menggantikan tes lain polymerase chain reaction (PCR) atau rapid test antigen. Ini lantaran alat yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada itu tak mendeteksi Covid-19 di tahap awal.

Advertisement

“Dia bisa dipakai, tapi lebih tepat untuk melengkapi screening suhu,” kata Dicky kepada Katadata.co.id, Minggu, (24/1).

Dicky menjelaskan, GeNose hanya mendeteksi gas buang dari pernapasan seseorang yang metabolismenya telah terganggu virus. Sedangkan PCR bisa mendeteksi keberadaan Covid-19 sejak awal berkembang biak setelah masuk ke tubuh manusia.

Kelemahan lainnya, efektivitas alat tes ini berpotensi berkurang jika seseorang merupakan perokok atau mengkonsumsi jenis makanan tertentu, ”Bisa false positif atau negatif,” katanya.

Dicky juga mengatakan alat tes seperti GeNose sebenarnya bukan barang baru. Metode serupa juga sempat diperkenalkan di Australia, Singapura, dan negara Eropa.

Tapi, belum ada persetujuan dari regulator terkait untuk menjadikan alat berbasis pernapasan sebagai deteksi corona. “Sejauh yang saya amati belum ada yang memakai ini,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement