Mantan KSAD Wismoyo Arismunandar Wafat, Pernah Pimpin Kopassus & KONI

Ameidyo Daud Nasution
28 Januari 2021, 10:19
wismoyo arismunandar, TNI, olahraga
Katadata
Mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar meninggal dunia pada Kamis (28/1). (Foto: Instagram Penerangan Kopassus).

Berita duka cita datang dari lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat. Mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar meninggal dunia pada hari Kamis (28/1) pagi.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan tokoh berusia 80 tahun itu berpulang usai dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah.

“Kami menyampaikan berita duka cita. Telah meninggal dunia Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar pada jam 04.29 di RS Pondok Indah karena sakit," kata Nefra dikutip dari Antara, Kamis (28/1).

Wismoyo yang juga merupakan ipar Presiden Soeharto tersebut akan dimakamkan di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah. Jenazah disemayamkan di rumah duka, Jalan Gempol, Bambu Apus, Jakarta Timur.

Adapun pelepasan akan dilakukan secara militer dan dipimpin KSAD Jenderal TNI Andhika Perkasa. “Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT,” kata Nefra.

Wismoyo yang lahir di Bondowoso, 10 Februari 1940 ini menamatkan pendidikannya di Akadaemi Militer (Akmil) pada 1963. Ia langsung meniti karir di infanteri Angkatan Darat hingga menjabat sebagai Komandan Grup I Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha), cikal bakal Kopassus, pada 1978.

Karirnya di pasukan khusus tersebut semakin menanjak hingga menjadi Wakil Komandan pada 1982 dan akhirnya jadi Komandan Jenderal (Danjen) Kopassandha pada 1983 hingga 1985.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...