Ombudsman Lapor ke Jokowi Soal Pungli Layanan Publik dan Limbah APD

Rizky Alika
1 Februari 2021, 17:45
asn, ombudsman, jokowi
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI Jakarta memeriksa dokumen di Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Jakarta, Senin (27/3). Ombudsman RI melaporkan kepada Presiden Joko Widodo bahwa masih ada ASN yang lalai pada standar layanan publik.

Anggota Ombudsman RI menemui Presiden Joko Widodo pada Senin (1/2) untuk melaporkan sejumlah hasil kerja lembaga tersebut. Selain itu mereka juga menyampaikan sejumlah isu yang perlu ditindaklanjuti pemerintah.

Pertemuan antara Ombudsman dan Jokowi berlangsung dalam rapat tertutup dan diikuti seluruh komisioner.  Anggota Ombudsman Adrianus Meliala mengatakan beberapa di antaranya masalah pungutan liar di layanan publik hingga limbah Alat Pelindung Diri (APD).

"Kami melaporkan hasil kerja kami dan beberapa isu yang perlu menjadi perhatian Presiden," kata Adrianus melalui pesan singkat kepada wartawan, Senin (1/2).

Adrianus mengatakan terkait layanan publik, Ombudsman menyampaikan,  masih banyak ASN yang lalai terhadap kepatuhan pada standar layanan publik. Beberapa di antaranya adalah kepastian waktu layanan yang rendah hingga pungutan yang tidak resmi.

Selanjutnya, Ombudsman melaporkan masalah limbah APD yang sudah tidak terkendali. Selain itu, mereka juga menyampaikan kepada Jokowi mengenai investasi mobil listrik yang masih terkendala perizinan. 

Meski begitu, Presiden belum menjabarkan secara detail terkait upaya yang akan ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut. "(Penjelasannya) tidak detail. (Jokowi) hanya mengatakan akan memberi perhatian," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...