Terima Surat Kepercayaan, Jokowi Sambut Dubes Baru Jepang Hingga India

Dubes yang menyerahkan surat kepercayaan kepada Jokowi berasal dari Bangladesh, Pakistan, India, Republik Ceko, Jepang, Romania, dan Fiji.
Image title
4 Februari 2021, 13:41
Jepang, jokowi, duta besar
Katadata
Presiden Joko Widodo menerima sejumlah Duta Besar negara sahabat di Istana Merdeka, Kamis (4/2). (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo menerima surat-surat kepercayaan dari tujuh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Kamis (4/2) pukul 8.30 WIB. Jokowi turut didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sejumlah duta besar yang menyerahkan surat kepercayaan kepada Jokowi berasal dari Republik Rakyat Bangladesh, Republik Islam Pakistan, Republik India, Republik Ceko, Jepang, Romania, dan Republik Fiji.

Para duta besar disambut dengan lagu kebangsaan dari negara masing-masing saat memasuki Istana. Kemudian, duta besar tersebut juga menyampaikan harapannya terhadap Indonesia.

Selama proses penyerahan surat, masing-masing duta besar menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan mengenakan masker. Kemudian, pertemuan tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. 

Salah satu yang menyampaikan surat kepercayaan adalah Dubes Jepang untuk RI Kanasugi Kenji yang menggantikan Masafumi Ishii. Ishii merupakan salah satu perwakilan asing yang populer di kalangan warganet Indonesia karena postingan kulinernya.

Bahkan akun Instagram Dubes Jepang di RI telah diikuti lebih dari 150 ribu orang. Saat ini, akun Dubes Jepang yang sebelumnya digunakan Ishii telah diserahkan kepada Kenji dan ini diikuti 159 ribu orang.  

Adapun, Dubes yang hadir ialah sebagai berikut:

1. Duta Besar LBBP Republik Rakyat Bangladesh Mohammad Mostafizur Rahman,

2. Duta Besar LBBP Republik Islam Pakistan Muhammad Hassan Islamic,

3. Duta Besar LBBP Republik India Manoj Kumar Bakti,

4. Duta Besar LBBP Republik Ceko Jaroslav Dolecek,

5. Duta Besar LBBP Jepang Kanasugi Kenji,

6. Duta Besar LBPP Romania Adrian Balanescu, dan

7. Duta Besar LBBP Republik Fiji Amenatave Vakasuvuwaqa.

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait