Profil Firmanzah, Mantan Staf Khusus SBY yang Meninggal Hari Ini

Firmanzah pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia saat masih berusia 33 tahun
Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2021, 11:56
firmanzah, universitas indonesia, meninggal dunia
Antara
Mantan Dekan FEB UI Prof Firmanzah meninggal dunia pada Sabtu (6/2). (Foto: Antara).

Berita duka cita datang dari lingkungan akademisi Indonesia. Rektor Universitas Paramadina Prof. Dr. Firmanzah Ph.D meninggal dunia pada Sabtu pagi (6/2).

Mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia ini meninggal dunia dalam usia 44 tahun. Selain akademisi, Firmanzah pernah berkarier di pemerintahan sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

“Benar meninggal dunia, mohon doanya ya," kata Dosen FEB UI, Dr. Rizal E. Halim dikutip dari Antara, Sabtu (6/2).  Dalam pesan singkat yang beredar, Firmanzah akan dimakamkan Minggu siang ini. 

Karier pria kelahiran Surabaya, 7 Juli 1976 ini banyak dihabiskan di almamaternya, UI. Firmanzah awalnya lulus dari Departemen Manajemen FEB UI pada 1998 dan melanjutkan pendidikan di jurusan yang sama hingga mendapatkan gelar master pada 2000.

Dia lalu melanjutkan pendidikan lebih tinggi dan mendapatkan gelar M.Phil of Organisation and Management Strategic dari University of Lille, Prancis. Sedangkan gelar doktor Strategic and Management International didapatkan usai bersekolah di University of Pau and the Adour Region (UPPA).

Pria yang akrab dipanggil Fiz ini mengawali karier sebagai analis di PT Sewu New York Life. Hanya setahun di korporasi, ia lalu kembali ke dunia pendidikan hingga menjadi Sekretaris Departemen Manajemen UI pada 2005.

Tahun 2007, Firmanzah menjadi Sekretaris Ketua Program Pascasarjana Manajemen UI. Pada 2009 namanya semakin naik daun dengan menjadi Dekan FEUI saat berusia 33 tahun.

Jabatan tersebut diembannya selama tiga tahun sebelum ditarik SBY ke Istana. Usai Kabinet Indonesia Bersatu II bubar, ia kembali ke dunia pendidikan hingga menjadi Rektor Paramadina.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait