Kapan Waktu Rampungnya Vaksinasi hingga Dunia Terbebas dari Corona?

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2021, 15:48
vaksin, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave/HP/dj
Amit Dave Seorang polisi wanita bereaksi saat menerima suntikan vaksin COVID-19, COVISHIELD yang diproduksi oleh Institut Serum India, di Rumah Sakit Umum di Ahmedabad, India, Minggu (31/1/2021).

Kapan berakhirnya pandemi Covid-19 menjadi pertanyaan terbesar semua orang saat ini.  Apalagi, setelah pandemi berjalan satu tahun dan beberapa negara telah memulai vaksinasi untuk mengejar target kekebalan kelompok (herd immunity).

Kalkulator Bloomberg memberikan gambaran singkat mengenai waktu yang diperlukan untuk menghitung tingkat vaksinasi. Dari perhitungan awal mereka, diperlukan waktu 7 tahun sampai dengan kekebalan terbentuk.

Advertisement

Mereka menggunakan penghitungan semakin jumlah pemberian serum kekebalan meningkat, waktu yang diperlukan untuk mencapai ambang minimum 75% semakin turun. Sebelumnya ahli wabah asal Amerika Serikat yakni Anthony Fauci menyatakan perlu 70 sampai 85 persen populasi mendapatkan kekebalan sebelum semua kembali normal.

Lalu bagaimana cara kerja kalkulator tersebut ? Bloomberg mengumpulkan data vaksinasi harian dari 67 negara di dunia dan negara bagian di AS. Tidak semua negara dihitung dengan kalkulator lantaran berada di tahap awal vaksinasi ataupun jarang memperbarui jumlah pemberian serum kekebalan.

Mereka lalu membuat perhitungan berdasarkan dua dosis per orang dalam populasi dan jumlah pasokan vaksin yang tersedia. Seperti diketahui, kekebalan tubuh akan terbentuk beberapa minggu usai vaksinasi dijalankan.

Meski demikian, kalkulator ini memiliki keterbatasan seperti belum dapat menghitung lamanya durasi kekebalan yang ditimbulkan vaksin. Tak hanya itu, perhitungan bisa berubah tergantung kondisi terkini wilayah yang melaksanakan vaksinasi.

Salah satu contohnya, rasio vaksinasi Kanada sempat turun pekan ini lantaran terlambatnya pasokan vaksin. Adapun, negara terdepan dalam proses vaksinasi adalah Israel dengan cakupan nyaris 75% dalam dua bulan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement