115 Pasar di Jabodetabek Akan Jadi Lokasi Vaksinasi Massal Pedagang

Ameidyo Daud Nasution
17 Februari 2021, 12:55
pasar, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Petugas vaksinasi memeriksa kesehatan pedagang sebelum disuntik vaksin COVID-19 di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Pemerintah menyiapkan 115 pasar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sebagai tempat vaksinasi Covid-19 massal. Pasar tersebut akan dijadikan pusat pemberian vaksin bagi para pedagang.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pusat vaksin ini merupakan salah satu metode untuk mempercepat vaksinasi. Jika berhasil, maka daerah lain akan memgadopsi cara tersebut.

Advertisement

“Nanti kami akan masuk semua pasar di Jakarta secara bertahap,” kata Budi dikutip dari Antara, Rabu (17/2).

Salah satu yang telah memulai vaksinasi adalah pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Bahkan agenda peberian vaksin juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Budi lalu menjelaskan selain pusat vaksinasi massal, tiga metode lain yang disiapkan Kemenkes adalah datang ke fasilitas kesehatan, jemput bola ke kantor, serta mendatangi pusat keramaian. “Keempat model ini kami atur tergantung jenis pekerjaannya,” kata Budi.

Di kesempatan yang sama, Anies mengatakan model vaksinasi di Tanah Abang ini akan dicontoh pasar lain di Jakarta. Sedangkan di Pasar Blok A Tanah Abang, sebanyak 9.791 pedagang akan menerima vaksin.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement