Cegah Kerumunan, Kemenkes Atur Kedatangan Peserta Vaksinasi Massal

Ameidyo Daud Nasution
17 Februari 2021, 20:20
vaksin, covid-19, virus corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas vaksinasi memeriksa kesehatan pedagang sebelum disuntik vaksin COVID-19 di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi covid-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang.

Kementerian Kesehatan mengatur strategi agar vaksinasi massal tak menjadi tempat kerumunan warga. Mereka akan mengatur waktu kedatangan peserta demi mencegah potensi munculnya penularan Covid-19.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu mengatakan screening akan diberikan kepada mereka yang akan menjalani vaksinasi.

Advertisement

Selain itu masyarakat yang akan mendapatkan suntikan kekebalan akan diberi kupon untuk mengetahui waktu penyuntikan. “Kami atur agar tak terjadi penumpukan,” kata Maxi dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (17/2).

Screening juga berfungsi untuk mengurangi mereka yang memiliki penyakit tertentu datang untuk divaksin. Maxi mengatakan masyarakat yang datang hanya yang sehat dan bisa menerima vaksin.

“Misal komorbidnya hipertensi, kami akan minta minum obat dulu dan kalau terkontrol baru bisa divaksin,” katanya.

Vaksinasi tahap kedua yang menyasar 38,4 juta orang ditargetkan akan rampung pada Mei 2021 mendatang. Dalam tahap kedua, sebanyak 16,9 juta petugas publik dan 21,5 juta orang lanjut usia akan diberikan vaksin Covid-19.

Sedangkan hingga 17 Februari, total tenaga kesehatan yang telah menerima vaksin sebanyak 1.149.939 orang atau 78,2% dari sasaran vaksinasi tenaga kesehatan 1,46 juta. Sementara, tenaga kesehatan yang telah menerima vaksin dosis kedua sebanyak 597.328 orang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement