RS BUMN Siapkan Layanan Deteksi Kadar Kekebalan Tubuh dari Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
17 Februari 2021, 21:18
covid-19, bumn, virus corona
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Petugas menyuntikan vaksin COVID-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Sejumlah RS BUMN siapkan tes untuk mengetahui kadar antibodi tubuhd ari corona.

Berbagai cara dilakukan rumah sakit Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk meningkatkan bisnis di kala pandemi. Salah satunya adalah membuka layanan tes imunologi khusus Covid-19.

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo Husada Citra (PHC) drg Purwanti Aminingsih mengatakan tes ini dapat dilakukan bagi mereka yang ingin mengetahui kadar kekebalan tubuh dari corona.

Advertisement

Tak hanya bagi mereka yang telah menjalani vaksinasi, tes ini juga bisa dilakukan oleh orang yang pernah terkena Covid-19. “Jadi untuk melihat kadar antibodinya,”  kata Purwanti dalam sebuah wawancara dengan Katadata.co.id, Rabu (17/2).

Mereka akan menggunakan metode bernama spike receptor binding domain (SRBD) dengan reagen khusus untuk mendeteksi antobodi dari Covid-19. Sedangkan tes dilakukan dengan mengambil darah di laboratorium. “Hanya sekitar satu sampai dua jam jadi,” kata Purwanti.

Adanya layanan tes ini merupakan instruksi PT Pertamina Bina Medika IHC selaku induk holding BUMN rumah sakit.  Purwanti mengatakan saat ini layanan tersebut telah tersedia di Rumah Sakit Pusat Pertamina dan Rumah Sakit Pelni. “Kalau di RS PHC mulai pekan depan,” katanya.

Purwanti mengatakan langkah ini penting lantaran RS BUMN tak bisa mengambil langkah konvensional di kala pandemi. Oleh sebab itu tes ini merupakan salah satu cara menyesuaikan permintaan dalam sektor kesehatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement