Eks Wamenkes Ali Ghufron Jadi Dirut BPJS Kesehatan, Ini Rekam Jejaknya

Ameidyo Daud Nasution
20 Februari 2021, 10:38
bpjs kesehatan, ali ghufron mukti, dirut bpjs
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kemenristek Ali Ghufron Mukti (kiri) menunjukkan cara kerja alat deteksi dini COVID-19 bernama GeNose C19 pada monitor komputer di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (7/1/2021). Presiden Jokowi telah menyetujui nama Ali sebagai Dirut baru BPJS Kesehatan.

Presiden Joko Widodo menyetujui pengangkatan Direksi dan Dewan Pengawas baru Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Mantan Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti dipilih menjadi Direktur Utama BPJS Kesehatan menggantikan Fachmi Idris.

Sedangkan mantan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjadi Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan. Pengangkatan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 37/P Tahun 2021.

“Mengangkat Keangotaan Direksi BPJS Kesehatan masa jabatan Tahun 2021-2026,” demikiran bunyi Keppres tersebut yang dikutip pada Sabtu (20/2).

Prof. Ali Ghufron Mukti merupakan dokter lulusan Universitas Gadjah Mada dan melanjutkan S2 Bidang Tropical Medicine dari Mahidol University, Thailand. Ia juga mendapatkan gelar doktornya dari Fakultas Kedokteran, University of Newcastle, Australia pada tahun 2000.

Selain Wamenkes, ia juga sempat menjabat sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (SDID), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Adapun posisi terakhirnya adalah Pelaksana tugas Rektor Universitas Trisakti.

Saat pandemi, Ali juga menjadi Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek. Ia bertugas untuk mendorong sejumlah inovasi pengobatan dan alat tes deteksi virus corona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...