Guru Jalani Vaksinasi, Jokowi Targetkan Belajar Tatap Muka Dibuka Juli

Rizky Alika
24 Februari 2021, 13:31
Guru dan sejumlah siswa melaksanakan kegiatan belajar tatap muka di SMPN 1 Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (22/2/2021). Sebanyak delapan kabupaten/kota di wilayah Kalbar yang berada di zona kuning penyebaran COVID-19 diperbolehkan Pemerintah Provinsi K
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.
Guru dan sejumlah siswa melaksanakan kegiatan belajar tatap muka di SMPN 1 Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (22/2/2021). Presiden Joko Widodo menargetkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka akan dimulai pertengahan tahun usai para guru menjalani vaksin.

Pemerintah telah memulai vaksinasi Covid-19 kepada guru dan tenaga pendidik. Presiden Joko Widodo pun berharap belajar tatap muka bisa dimulai pada semester kedua 2021, setelah tenaga pengajar mendapatkan suntikan vaksin.

Presiden menargetkan vaksinasi kepada guru dan tenaga pendidik bisa mencapai 5 juta orang pada Juni. Dengan demikian, tahun ajaran baru bisa dimulai dengan normal pada Juli mendatang.

"Tenaga pendidik, kependidikan, guru diberikan prioritas agar di awal semester kedua pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan," kata Jokowi saat meninjau vaksinasi guru di SMAN 70, Jakarta, Rabu (24/2).

Guru dan pengajar merupakan salah satu sasaran pemberian vaksin tahap kedua. Adapun, vaksinasi pada kelompok ini dimulai di DKI Jakarta dan akan dilanjutkan di seluruh provinsi di Indonesia.

Selain guru dan dosen, pemerintah melakukan vaksinasi tahap kedua kepada lansia, pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, TNI, Polri, Satpol PP, dan pelayan publik (perangkat desa, BUMN, BUMD, pemadam kebakaran).

Kemudian, pekerja transportasi publik yang meliputi pekerja tiket, masinis, pekerja bandara, pilot, pramugari, pekerja pelabuhan, pekerja Trans Jakarta dan MRT, supir bus, kernet, kondektur, supir taksi, dan ojek online. Selanjutnya, atlet, wartawan, dan pelaku sektor pariwisata (staf hotel, restauran dan tempat wisata).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...