BKPM: Negosiasi Investasi Tesla di RI Masih Jalan tapi Pasang Surut

Rizky Alika
24 Februari 2021, 16:09
mobil listrik, tesla, bkpm
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Mobil Tesla Model-3 buatan China terlihat dalam acara pengiriman di pabriknya di Shanghai, China, Selasa (7/1/2020). Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah masih terus bernegosiasi dengan Tesla terkait rencana investasi di RI.

Rencana investasi Tesla di Indonesia dikabarkan kandas. Namun, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan, rencana investasi produsen mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut belum surut. Saat ini pemerintah masih melanjutkan negosiasi dengan perusahaan milik Elon Musk itu.

Bahlil mengatakan, pasang surut negosiasi merupakan hal lumrah dalam bisnis. Namun, ia berharap semua pihak tak pesimistis lantaran diskusi masih terus berjalan.

Advertisement

"Ini kan masih negosiasi. Tidak ada yang hengkang. Kalau hengkang, sudah tiba, baru pergi. Ini kan masih berproses. Jangan pesimis," kata dia di kantornya, Jakarta, Rabu (24/2).

Tak hanya dengan Tesla, Bahlil mengatakan negosiasi alot juga pernah ia alami saat berhadapan dengan perusahaan Korea Selatan yakni LG. Saat itu, proses diskusi memakan waktu hingga lebih dari satu tahun hingga mencapai kepastian investasi.

Bahlil juga yakin, kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja akan membantu menambah iklim investasi yang lebih baik. "Kita bangun persepsi positif," ujar dia.

Sebelumnya Tesla dikabarkan melirik Indonesia sebagai lokasi pabrik kendaraan listriknya. Namun belakangan, perusahaan yang bermarkas di Palo Alto itu lebih mendirikan unit manufaktur mobil listrik di Karnataka, India bagian selatan. 

Melansir Reuters, Menteri Negara Bagian Karnataka B.S. Yediyurappa mengatakan dalam sebuah twit yang kemudian dihapus, Tesla akan memulai operasinya di India dengan unit Research & Development di Bengaluru, Karnataka.

Sementara,  Elon Musk sempat beberapa kali mencuit rencana perusahaannya masuk ke India. Pada Desember 2020, CEO Tesla itu mengonfirmasikan bahwa Tesla akan masuk pada 2021.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement