Jokowi Targetkan Perbaikan Tanggul Citarum yang Jebol Rampung Lusa

Rizky Alika
24 Februari 2021, 18:16
banjir, jokowi, citarum
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meninjau perbaikan tanggul Sungai Citarum di Pebayuran, Kabupaten Bekasi, jawa Barat, Rabu (24/2). Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Pemerintah tengah berupaya memperbaiki tanggul Sungai Citarum,  Kabupaten Bekasi yang jebol. Presiden Joko Widodo menargetkan, perbaikan tersebut selesai maksimal pada dua hari mendatang atau pada Jumat (26/2).

Tiga titik tanggul tersebut sempat jebol pada Sabtu (20/2) dan mengakibatkan banjir di Kabupaten Bekasi dan Karawang. Sedangkan perbaikan telah dimulai sejak Senin (22/2). 

"Tadi saya memberikan target maksimal dua hari lagi sudah harus selesai tanggulnya sehingga semuanya berfungsi normal kembali," kata Jokowi usai meninjau bencana bocornya Tanggul Citarum, Bekasi, Rabu (24/2).

Tak hanya itu, perbaikan juga dilakukan kepada 30 perumahan yang terkena dampak banjir. " Ada 30 perumahannya akan segera diselesaikan dalam waktu secepat-cepatnya," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jebolnya tanggul tersebut terjadi di Desa Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi. Selain memaksa puluhan ribu orang mengungsi, banjir juga memutus akses lalu lintas yang melalui Bekasi-Karawang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...