Imbauan TNI-Polri Jaga Sinergi Usai Penembakan Maut di Cengkareng

Ameidyo Daud Nasution
25 Februari 2021, 16:39
tni, polri, penembakan anggota TNI
Katadata
Kapolda Metro Jaya dan jajaran Kodam Jaya menggelar konferensi pers penembakan di kafe RM, Cengakreng, Kamis (25/2). Foto: Antara

Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya coba meredam potensi konflik antara personel polisi dan TNI.  Ini lantaran seorang prajurit TNI Angkatan Darat meninggal usai ditembak oleh anggota polisi di sebuah kafe berinisial RM yang berada di bilangan Cengkareng, Jakarta Barat.

Pangdam Jaya Mayor Jenderal Dudung Abdurachman meminta jajarannya tak membuat isu miring soal penembakan tersebut. Selain itu seluruh personel TNI dan Polri diinstruksikan tetap menjaga sinergi kedua institusi.

“Agar satuan Kodam Jaya maupun yang ada di Jakarta tidak membuat isu yang dapat merusak stabilitas keamanan Ibu Kota,” kata Kepala Penerangan Kodam Jaya Letkol Inf Herwin dalam konferensi pers bersama di Mapolda Metro Jaya, Kamis (25/2) dikutip dari Antara.

Pangdam juga memerintahkan agar Polisi Militer Kodam Jaya ikut mengawal penyidikan kasus penembakan yang berujung maut itu. Ini agar kejadian tersebut bisa diselesaikan lewat mekanisme hukum secara adil.

Tak hanya itu, Polda Metro dan Kodam Jaya akan menggelar patrol bersama untuk mencegah gesekan dua institusi. “Untuk mengurangi tindakan yang dapat merugikan nama institusi Angkatan darat pada khususnya,” kata Herwin.

Sedangkan Kapolda Metro Jaya Inspetur Jenderal Fadil Imran telah berkoordinasi dengan Panglima Kodam dan Pangkostrad Letnan Jenderal Eko Margiyono soal kejadian yang melibatkan anggotanya ini.

Selain memastikan pelaku yakni Bripka CS akan diproses secara hukum, Fadil juga menyampaikan permintaan maaf kepada TNI AD. “Sebagai atasan tersangka, saya menyampaikan permohonan maaf setinggi-tingginya kepada masyarakat, keluarga korban, dan TNI AD,” kata Fadil.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...