Jokowi Tak Ingin Indonesia Jadi Korban Raksasa Digital Dunia

Rizky Alika
26 Februari 2021, 12:15
jokowi, raksasa digital, teknologi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Pool/aww.
Presiden Joko Widodo mengenakan masker saat memimpin upacara pelantikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Dalam peluncurkan program konektivitas nasional 2021, Jokoiw mengingatkan RI tak jadi korban raksasa digital dunia.

Presiden Joko Widodo meluncurkan secara simbolik program konektivitas digital tahun 2021 pada Jumat (26/2). Dalam sambutannya, Jokowi sempat berpesan Indonesia tidak boleh menjadi korban ketidakadilan dari raksasa digital.

Jokowi mengatakan transformasi digital menjadi solusi untuk membawa Indonesia yang lebih maju di masa depan. Namun, kemandirian dan kedaulatan digital juga penting untuk dijaga.

"Kita juga tidak boleh menjadi korban unfair practices, dari raksasa digital dunia," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/2).

Makanya Presiden meminta transformasi digital tak semata menggantungkan diri dengan impor saja namun didukung pemakaian produk dalam negeri dan penguasaan kemampuan teknologi anak bangsa.

Mantan Walikota Solo itu pun berharap, program konektivitas digital bisa menjadi momentum untuk menghubungkan Indonesia dengan teknologi baru hingga kesempatan bisnis global baru. Tak hanya ekonomi, transformasi ini diperlukan untuk mempercepat pelayanan pendidikan, kesehatan, dan menudukung sinergi budaya Nusantara.

Oleh sebab itu Presiden juga menginstruksikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate untuk meningkatkan utilisasi Palapa Ring di Indonesia bagian tengah dan timur. Ini lantaran utilisasi jaringan komunikasi di wilayah tersebut baru sekitar 20%.

"Saya minta pada Menkominfo untuk memastikan agar Palapa Ring tidak hanya berhenti sebagai backbone saja, tidak hanya berhenti disitu tetapi harus tersambung sampai ke rumah tangga," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

The pandemic has led Indonesia to revisit its roadmap to the future. This year, we invite our distinguished panel and audience to examine this simple yet impactful statement:

Reimagining Indonesia’s Future

Join us in envisioning a bright future for Indonesia, in a post-pandemic world and beyond at Indonesia Data and Economic Conference 2021. Register Now Here!

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...