Jokowi Disambut Kerumunan di NTT, Istana Akan Benahi Protokoler

Rizky Alika
26 Februari 2021, 21:07
jokowi, 3M, Covid-19
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi COVID-19 massal bagi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Istana akan membenahi protokoler kunjungan Jokowi usai Presiden disambut kerumunan massa di NTT.

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa hari lalu memicu kumpulan massa di tengah pandemi Covid-19. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengatakan, peristiwa tersebut akan menjadi pelajaran bagi protokoler Presiden.

Donny mengatakan antusiasme warga tidak terduga oleh rombongan Jokowi. Namun, euforia masyarakat itu dianggap wajar lantaran warga Indonesia timur sudah lama ingin bertemu dengan Presiden.

"Saya kira ini jadi pelajaran untuk manajemen protokoler kedatangan Presiden di daerah di kemudian hari," kata Donny kepada wartawan, Jumat (26/2).

Ke depan, masyarakat yang berkumpul untuk melihat Jokowi akan diatur sedikit mungkin. Mereka juga harus mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

"Jadi akan diatur sedemikian rupa sehingga kerinduan terhadap presien bisa diobati tetapi tetap diatur dengan protokol kesehatan," ujar dia.

Sebelumnya, beredar sebuah video amatir yang direkam saat Jokowi mengunjungi Maumere, Selasa (23/2). Dalam rekaman sebuah video amatir, Jokowi terlihat berada di dalam mobil dengan atap terbuka dan menembus kerumunan massa.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, Jokowi tampak disambut warga namun tak ada pengaturan jarak. Beberapa orang di antaranya pun tidak memakai masker. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...