Pujian Jokowi ke Artidjo Alkostar: Penegak Hukum Berintegritas Tinggi

Rizky Alika
1 Maret 2021, 10:25
artidjo alkostar, Jokowi, hukum, KPK
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar bersiap mengikuti upacara pelantikan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Presiden Joko Widodo pada Senin (1/3) melayat Artidjo yang telah meninggal dunia, Minggu (28/2).

Presiden Joko Widodo datang melayat Mantan Hakim Agung sekaligus Dewan Pengawas Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Artidjo Alkostar di Masjid Ulil Albab, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta pada Senin (1/3). Tak hanya itu, Jokowi turut menyolatkan jenazah Artidjo setibanya di lokasi pada pukul 08.00 WIB.

Artidjo mengembuskan napas terakhir pada Minggu (28/2) dalam usia 72 tahun.  Saat melayat, Jokowi sempat menyampaikan bahwa Indonesia telah kehilangan salah satu putra terbaiknya.

Jokowi memiliki kenangan terhadap Artidjo semasa hidupnya. Mantan Walikota Solo itu menilai, kepribadian dan integritas Artidjo menjadi teladan bagi para penegak hukum dan peradilan.

"Beliau adalah penegak hukum, hakim agung, dan Dewan Pengawas KPK yang sangat rajin, jujur, memiliki integritas yang tinggi," ujar Presiden dalam siaran virtual Sekretariat Presiden, Senin (1/3).

Usai menyampaikan belasungkawa, Jokowi berdoa untuk almarhum agar diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Tak lama setelah itu, ia berpamitan meninggalkan lokasi. "Atas nama pemerintah kami menyampaikan dukacita mendalam," ujar dia. Adapun, Artidjo rencananya akan dimakamkan di Kompleks Pemakaman UII yang prosesinya sendiri dimulai sekira pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan Artidjo sebagai tokoh penegak hukum yang penuh integritas. Bahkan sosok Artidjo dijuluki sebagai algojo oleh para koruptor. Itu lantaran Artidjo tidak ragu menjatuhkan hukuman berat kepada para koruptor. 

Adapun pertemun Mahfud dan Artidjo terjadi pada 1978 di Fakultas Hukum UII Yogyakarta. Saat itu Artidjo menjadi dosen di kampus tersebut.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...