Jokowi Resmikan KRL Baru, Waktu Tempuh Yogyakarta-Solo Akan Terpangkas

Rizky Alika
1 Maret 2021, 13:51
kereta, jokowi, transportasi
Katadata
Presiden Joko Widodo saat menjajal KRL Listrik Yogyakarta-Solo, Senin (1/3). Foto: Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta-Solo sebagai pengganti kereta rel diesel Prameks (Prambanan Ekspres). Dengan menggunakan KRL, waktu tempuh Yogya-Solo bisa terpangkas sedikit ketimbang diesel.

Presiden juga berharap, KRL Yogyakarta-Solo bisa membantu meningkatkan mobilisasi penduduk maupun barang. Dengan demikian, pariwisata dan ekonomi Yogyakarta akan ikut meningkat

Advertisement

"Saya diberitahu KRL ini lebih cepat dibandingkan Prameks, kira kira 10 menit lebih cepat," kata Jokowi saat meresmikan KRL di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Senin (1/3). Dari laman Prameks.com, saat ini lama perjalanan Yogyakarta-Solo mencapai 70 menit.

KRL merupakan transportasi massal yang ramah lingkungan. Ke depan, Jokowi menilai seluruh moda transportasi di Indonesia harus mengarah kepada transportasi massal yang ramah lingkungan.

"Juga kendaraan-kendaraan semuanya ke depan harus ramah lingkungan, yaitu listrik," ujar dia.

Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan, banyak penumpang kereta yang bekerja dan sekolah lintas kota, yaitu Solo-Yogyakarta. Oleh karena itu, keberadaan Prameks dan KRL menjadi penting bagi masyarakat yang kerap berpergian antar kota tersebut.

"Semoga saja pilihan KRL baik bagi masyarakat dengan harapan untuk tepat waktu karena mereka akan belajar, kuliah, juga bekerja," ujar dia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, KRL ialah angkutan masa depan angkutan massal di perkotaan. Oleh karena itu, kualitas pelayanan yang diberikan harus semakin meningkat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement