Kisruh Demokrat, Dorongan KLB & Sorotan pada Kematangan Politik AHY

Ameidyo Daud Nasution
2 Maret 2021, 21:09
demokrat, politik, ahy
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjalan usai memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat , Jakarta, Senin (1/2/2021). AHY menyampaikan adanya upaya pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat secara paksa, di mana gerakan itu melibatkan pejabat penting pemerintahan, yang secara fungsional berada di dalam lingkaran kekuasaan terdekat dengan Presiden Joko Widodo.

Prahara yang melanda Partai Demokrat belum juga berakhir. Pemecatan yang dilakukan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) kepada tujuh kadernya, Jumat (26/2) berlanjut dengan semakin santernya isu Kongres Luar Biasa (KLB) dengan dalih menyelamatkan partai.

Sebelumnya tujuh anggota yakni Darmizal, Marzuki Alie, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Ahmad Yahya, Syofwatillah Mohzaib, dan Yus Sudarso dipecat dari keanggotaan partai berlambang mercy tersebut. Mereka dituduh terlibat dalam kudeta kepemimpinan Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY).

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan kader dan pengurus Demokrat merasa terganggu dengan kelompok tersebut. “Menghambat kerja-kerja politik untuk memperjuangkan harapan rakyat," kata Herzaky, Jumat (26/2) dikutip dari Antara.

Keputusan ini disambut dengan keras oleh salah satu kader yang dipecat, Jhoni Allen Marbun. Anggota Komisi V DPR tersebut mengatakan beberapa kader bertekad menyelamatkan partai dari dinasti Cikeas.

Mantan Wakil Ketua Partai Demokrat 2010-2015 ini juga mengatakan menyerang SBY yang dianggap tak berkeringat dalam membangun partai berlambang mercy 2004 silam. Padahal 99 pendiri berusaha keras agar Demokrat bisa mengikuti Pemilu.

“Demi Tuhan, SBY tidak berkeringat apalagi berdarah-darah sebagaimana pernyataanya,” kata Jhoni dalam sebuah video yang ebredar Senin (2/3).

Bara ini juga semakin membelah kader partai pemenang Pemilu 2009 ini. Anggota Forum Pendiri Partai Demokrat Hencky Luntungan dalam konferensi pers mengatakan Demokrat terbuka menerima beberapa figure untuk menggantikan AHY, salah satunya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Meski demikian kader daerah menolak adanya KLB untuk menggulingkan AHY. Wakil Ketua DPD Demorkat Jabar Asep Wahyuwijaya mengatakan semua DPD telah berjanji untuk solid bersama Agus. “Jangan yang disampaikan DPD yang abal-abal,” kata Asep di Bogor, Selasa (2/3) dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...