Jangan Lengah, WHO Peringatkan Risiko Gelombang Ketiga Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
6 Maret 2021, 16:35
who, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa.
Petugas medis menunjukkan vaksin Sinovac Biofarma sebelum disuntikkan pada seorang tenaga pengajar di Rumah Sakit Persada, Malang, Jawa Timur, Jumat (5/3/2021). WHO ingatkan negara dunia agar tetap serius memerangi Covid-19 meski vaksinasi sedang dilakukan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan negara-negara agar tak mengendurkan usaha memerangi Covid-19 meski vaksinasi tengah dilakukan. Bahkan WHO menyatakan gelombang ketiga dan keempat bisa saja datang jika dunia lengah.

Direktur Eksekutif WHO Michael Ryan mengatakan kehadiran vaksin bisa menjadi momen banyak pemerintah kehilangan konsentrasi. Ia mencontohkan kasus Covid-19 di Brasil yang kembali melonjak usai melandai pada Februari lalu.

“Kita belum melalui ini (pandemi). Negara-negara akan masuk gelombang tiga dan empat jika tidak berhati-hati,” kata Ryan, Jumat (5/3) dikutip dari Reuters.

Jumlah kasus di Brasil bertambah 75.337 pada Jumat (5/3) atau tertinggi sejak 7 Januari 2021. Padahl, Negeri Samba telah melakukan vaksinasi terhadap 7,4 juta orang penduduknya.

Sedangkan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan kondisi penularan di Brasil sangat memprihatinkan. Ia lalu mengingatkan adanya penyebaran skala regional dari negara tersebut.

“Jika Brasil tak serius akan mempengaruhi lingkungan di sana dan sekitarnya,” kata Tedros.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...