Diawali Tarian 'Petruk Divaksin', Jokowi Cek Vaksinasi Seniman Yogya

Rizky Alika
10 Maret 2021, 13:22
covid-19, virus corona, jokowi
Katadata
Presiden Joko Widodo bersama seniman Butet Kertaredjasa memantau vaksinasi seniman di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Bantul, Yogyakarta, Rabu (10/3). Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo memantau vaksinasi Covid-19 massal kepada 517 seniman di Yogyakarta. Vaksinasi diberikan kepada seniman musik, tari, seni rupa, pelukis, seniman tradisional, dan seniman modern.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pekerja seni menghadapi situasi yang tidak mudah karena pandemi Covid-19. Namun, semangat para seniman perlu dijaga agar mereka dapat terus berkarya.

"Semuanya tadi divaksinasi dan semuanya berjalan dengan lancar," kata Jokowi di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja milik seniman Butet Kertaredjasa, Bantul, Rabu (10/3). 

Presiden lalu berharap, pemberian vaksin dapat melindungi seniman dari virus corona. "Kami harapkan para seniman, pekerja seni, semuanya bisa terlindungi dari Covid-19," ujar dia.

Pemberian vaksin diawali dengan aksi teatrikal berjudul 'Petruk Divaksin' yang dihelat di padepokan tersebut.  Dalam salah satu adegan, Gatotkaca menghentikan tarian Petruk untuk menerima vaksin. Hal agar aktivitas menari dan seni bisa berjalan dengan produktif serta aman dari Covid-19.

"Saya satria pringgodani Gatotkaca, otot kawat, tulang besi, disuntik kok. Harus ikut mendukung karena pemerintah sudah mengupayakan vaksin gratis," kata Gatotkaca kepada Petruk.

Petruk lalu beranjak ikut vaksinasi di aula tersebut. Sedangkan Jokowi bersama Gatotkaca ikut menemani Petruk yang mendapatkan suntikan kekebalan corona.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...