Kerja Sama Lintas Golongan Demi Pacu Vaksinasi Lansia & Difabel

Ameidyo Daud Nasution
21 Maret 2021, 07:00
covid-19, vaksinasi, virus corona, Sentra Vaksinasi Serviam
Katadata
Suasana Sentra Vaksinasi Covid-19 yang digelar Serviam (SVS) di Sekolah Santa Ursula, Jakarta, Sabtu (20/3).

Vaksinasi Covid-19 ternyata tak hanya menjadi ranah pemerintah dan badan usaha. Sejumlah organisasi lintas golongan juga ikut membantu masyarakat terutama lansia dan penyandang disabilitas agar bisa mendapat akses serum kekebalan corona.

Salah satunya adalah Sentra Vaksinasi Serviam (SVS), yang awalnya dimotori alumni tiga sekolah binaan suster ursulin yakni Santa Ursula, Santa Maria, dan Santa Theresia. Mereka mendirikan posko vaksinasi di Sekolah Santa Ursula, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat mulai Sabtu (20/3).

Ketua Umum SVS Angela Basiroen mengatakan awalnya kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian para alumni sekolah tersebut. Mereka lalu menggandeng Lembaga Daya Darma (LDD) milik Keuskupan Agung Jakarta, Karina Caritas Indonesia, hingga Nahdlatul Ulama yang memiliki jejaring kuat.

“Ini juga lintas agama karena latar belakang kami yang bermacam-macam,” kata Angela kepada Katadata.co.id, Sabtu (20/3).

Angela mengatakan awalnya suster ursulin diminta seorang Staf Kementerian Kesehatan agar membuat program demi mendukung vaksinasi pemerintah. Sang suster lalu mengontak dirinya agar menjalankan program tersebut. “Masa sih tidak bisa, akhirnya kami jalankan,” katanya.

Demi mempermudah pencarian sasaran vaksinasi, panitia lalu mengontak Direktur LDD Keuskupan Agung Jakarta Romo Kristiono Puspo Sj. Kristiono lalu mengajak NU serta mengusulkan agar para difabel juga menjalani vaksinasi. “Kita lempar permintaan tersebut ke Kemenkes, mereka setuju,” kata Angela.

LDD dan NU berperan mendata mereka yang membutuhkan vaksin untuk selanjutnya diberi suntikan di Santa Ursula. Angela mengatakan kegiatan ini minimal akan dilakukan hingga 31 Maret. “Kita mengacu kriteria yang diberikan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Sawah Besar,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...