Temui MUI Jatim, Jokowi: Kiai Sampaikan Vaksin AstraZeneca Halal

Rizky Alika
22 Maret 2021, 20:09
jokowi, vaksin, astrazeneca, covid-19, halal
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau program vaksinasi drive thru di halaman GOR Pajajaran, Jokowi pada Senin (22/3) mengatakan vaksin bikinan AstraZeneca halal.

Dukungan penggunaan vaksin Covid-19 AstraZeneca terus mengalir diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Jokowi telah bertemu para kiai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur yang menyatakan vaksin tersebut bisa digunakan.

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat meninjau vaksinasi di Jombang, Jawa Timur, Senin (22/3). Ia juga akan mempercepat distribusi serum kekebalan terutama di pondok pesantren, kyai, santri, dan petugas pelayan publik.

Advertisement

"Para kiai dari MUI Jawa Timur yang menyampaikan bahwa vaksin AstraZeneca bisa digunakan, halal, dan Thoyib," kata Jokowi di Pendopo Jombang, Senin (22/3).

Adapun, saat ini vaksinasi di Jombang diberikan kepada kyai, nyai, dan petugas pelayan publik. Vaksinasi terpantau berjalan dengan lancar mulai dari registrasi, penyaringan, penyuntikan, dan observasi. "Semua berjalan dengan baik," katanya.

Persoalan ini mengemuka usai Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan vaksin tersebut haram lantaran menggunakan tripsin yang diekstraksi dari pankreas babi.

Tripsin merupakan bahan yang digunakan untuk memisahkan sel inang virus dengan micro carier virus. Meski demikian MUI menyatakan vaksin AstraZeneca mubah untuk digunakan atau dibolehkan karena dalam kondisi darurat pandemi Covid-19.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement