Alasan Anies akan Tes Antibodi sebelum Vaksinasi Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
24 Maret 2021, 17:20
Anies baswedan, vaksin, covid-19, 3M, jakarta
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Anies membuka kans vaksinasi meski pernah terkena Covid-19 Desember 2020 lalu.

Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan rencana akan menjalani vaksinasi meski sebelumnya pernah terkena Covid-19. Ia akan menerima suntikan vaksin usai berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Sebelum vaksin Anies akan melakukan pemeriksaan kadar kekebalan tubuh atau antibodi virus corona. Anies awal Desember 2020 lalu mengumumkan terkena Covid-19 dan dinyatakan pulih pada 28 Desember 2020.

Advertisement

“Tanggal 28 saya tes, kalau antibodi saya tinggi saya akan konsultasi dokter. Kalau bisa vaksin, saya ikut vaksinasi,” kata Anies.

Bukan tanpa sebab, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut telah memiliki kekebalan yang mumpuni. Bahkan ia sempat menjadi donor program plasma konvalesen bagi pasien yang membutuhkan.“Dites, ternyata memiliki antobodi cukup tinggi,” katanya.

Anies mengumumkan dirinya terkena Covid-19 pada satu Desember 2020 lalu. Ia menjalankan tes usai Wakil Gubernur DKI Riza Patria positif tertular virus tersebut.

Namun saat itu ia menyampaikan bahwa kondisinya tidak bergejala sehingga tetap berkegiatan meski isolasi di rumah dinas. “Saya pilih mengumumkannya pada kesempatan pertama, sebagaimana kami selalu sampaikan apa adanya sejak Maret 2020 dan transparan,” katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement