Kartu Prakerja Gelombang 16 Dibuka Hari Ini, Kuota 300 Ribu Peserta

Rizky Alika
25 Maret 2021, 13:31
kartu prakerja, gelombang 16 kartu prakerja, bantuan sosial
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Pemerintah telah membuka pendaftaran gelombang 16 kartu prakerja pada Kamis (253).

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja telah mengumumkan hasil seleksi gelombang 15 program tersebut pada Rabu (24/3). Selanjutnya, mereka membuka pendaftaran kartu prakerja gelombang 16, atau yang terakhir untuk semester I ini.

Dengan demikian, target perekrutan 2,7 juta peserta di semester 1 tahun 2021 akan rampung. Meski demikian PMO belum memastikan kapan pendaftaran gelombang 16 ditutup.

"Gelombang 16 akan dibuka siang ini jam 12.00 WIB dengan kuota 300.000 orang," kata Head of Communication Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada wartawan, Kamis (25/3).

PMO juga membuka kemungkinan pembukaan pendaftaran gelombang tambahan. Namun, manajemen masih memantau kemajuan para penerima kartu prakerja dalam membeli pelatihan pertama.

Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020, peserta harus membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Bila tidak, status kepesertaannya akan dicabut.

"Nanti kami mungkin akan membuka gelombang tambahan untuk menampung ini," ujar Louisa.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...