Pengembangan Kawasan, Jokowi Akan Pindahkan PTDI & Pindad ke Kertajati

Ameidyo Daud Nasution
29 Maret 2021, 20:08
ptdi, pindad, kertajati, jokowi, bumn
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.
Pengunjung berfoto di kawasan bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat, Minggu (8/11/2020). Presiden Joko Widodo akan pindahkan PT Pindad dan PTDI ke kawasan Bandara Kertajati.

Presiden Joko Widodo akan memindahkan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Pindad (Persero) dan PT Dirgantara Indonesia dari Kota Bandung ke Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Langkah ini untuk memacu pengembangan kawasan sekitar bandara yang telah beroperasi sejak 2018 lalu.

Hal ini diperlukan mengingat Kertajati akan semakin berkembang dengan adanya jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang ditargetkan rampung Desember 2021. Sedangkan lahan yang ditinggalkan PTDI dan Pindad akan digunakan untuk bisnis yang relevan di Bandung seperti pariwisata.

“Konsolidasi seperti ini akan memberikan optimisme agar bandara Kertajati dan kawasan sekitarnya berkembang pesat,” kata Ridwan saat konferensi pers virtual, Senin (29/3).

Tak hanya itu, Bandara Kertajati juga akan difungsikan sebagai pusat Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) terutama pesawat TNI Angkatan Udara. Bahkan, Ridwan mengatakan sudah ada maskapai penerbangan Asia yang menyatakan minat mengembangkan MRO di sana. “Jadi bisnisnya bukan hanya penumpang tapi ada perawatan dan kargo,” katanya.

Dia mengatakan Bandara Kertajati dan sekitarnya merupakan wilayah yang vital dalam kawasan strategis Rebana. Kawasan yang membentang dari Pelabuhan Patimban hingga Cirebon ini ditargetkan bisa menjadi mesin ekonomi regional RI dalam 10 tahun ke depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...