Jokowi: Keterbukaan Informasi jadi Kebutuhan dan Tantangan Pemerintah

Rizky Alika
1 April 2021, 17:52
jokowi, KPI, informasi
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kedua kiri), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) dan Wali Kota Bogor Bima Arya (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau program vaksinasi drive thru di halaman GOR Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/3/2021). Presiden mengatakan keterbukaan informasi jadi bekal pemerintah hadapi Covid-19

Perkembangan zaman membawa perkembangan teknologi informasi menjadi semakin maju. Presiden Joko Widodo pun mengatakan, keterbukaan informasi menjadi sebuah kebutuhan pada era sekarang ini.

Meski demikian derasnya arus informasi juga menjadi tantangan pemerintah. Tuntutan masyarakat untuk menuntut kecepatan dan keterbukaan informasi juga harus dikelola.

Advertisement

"Ini adalah tantangan bagi pemerintah, lembaga penyiaran, media, serta pemangku kepentingan," ujar dia saat membuka acara Peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-88 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (1/4).

Bukan tanpa sebab, setiap orang saat ini bisa menerima informasi dengan cepat. Selain itu, mereka juga bisa memproduksi dan menyebarluaskan informasi tersebut dengan segera.

Keterbukaan dan akurasi informasi juga menjadi faktor penting dalam menangani pandemi Covid-19. Mantan Wali Kota Solo itu menilai, dengan informasi yang terbuka, transparan, dan akuntabel maka pemerintah bisa mengambil kebijakan yang tepat.

Selain itu, masyarakat bisa memahami dan menghadapi pandemi dengan informasi yang baik. "Keterbukaan informasi telah mempercepat penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement