Instruksi Jokowi: Kebut Bantuan untuk Korban Banjir di NTT

Rizky Alika
5 April 2021, 12:07
banjir, banjir NTT, jokowi, bencana alam
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan atas kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar pada Minggu (28/3). Jokowi memerintahkan jajarannya segera menyalurkan bantuan dan evakuasi korban banjir NTT, Senin (5/4).

Banjir bandang dan tanah longsor menerjang Pulau Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (4/4) dini hari. Presiden Joko Widodo memerintahkan para pejabat terkait segera mengevakuasi korban dan menangani dampak bencana tersebut dengan cepat.

Jokowi juga telah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Panglima TNI, dan Kepala Polri untuk melaksanakan arahan tersebut.

Advertisement

"Saya minta agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat dan baik seperti bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik, dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi serta perbaikan infrastruktur," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/4).

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan. Selain itu, masyarakat diharapkan selalu meningkatkan kewaspadaan dari bencana banjir dan longsor akibat peningkatan curah hujan yang ekstrem.

"Perhatikan selalu peringatan dini dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) dan aparat di daerah," ujar mantan Wali Kota Solo itu.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut menyampaikan duka cita yang mendalam terhadapp korban yang meninggal dunia. "Saya juga memahami kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan bencana ini," ujar dia.

Sebelumnya, BMKG telah menyatakan adanya dua bibit siklon tropis yang dapat berdampak pada cuaca ekstrem. Salah satunya potensi curah hujan lebat dan angin kencang di NTT pada 3 sampai 9 April 2021.

Perkembangan terkini bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Flores Timur pada Senin (5/4) pukul 05.00 WIB, data sementara mencatat 256 jiwa warga mengungsi di Balai Desa Nelemawangi dan sejumlah warga lainnya mengungsi di Balai Desa Nelelamadike.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement