Evakuasi Korban Banjir NTB-NTT, Jokowi Minta Personel SAR Ditambah

Rizky Alika
6 April 2021, 11:48
jokowi, bencana alam, banjir, NTT
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan atas kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar pada Minggu (28/3). Jokowi memerintahkan personel SAR evakuasi banjir NTB NTT ditambah.

Siklon tropis seroja telah memicu bencana hidrometeorologi di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Presiden Joko Widodo pun meminta tambahan personil SAR untuk membantu evakuasi korban.

Perintah tersebut disampaikan kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan (SAR) Nasional, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepala Polri. Tambahan personil itu diharapkan bisa melancarkan proses evakuasi dan penyelamatan korban.

Advertisement

"Seluruh jajaran mengerahkan tambahan personil SAR sehingga bisa menjangkau lebih banyak wilayah terdampak dan wilayah terisolir dan berbagai gugus pulau," kata Jokowi saat membuka Rapat Terbatas Penanganan Bencana di Provinsi NTB dan NTT di Istana Merdeka, Selasa (6/4).

Presiden juga meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono untuk mengerahkan alat berat dalam proses evakuasi. Tak hanya itu, Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta percepatan pembukaan akses melalui jalur laut dan udara jika jalur darat masih sulit ditembus.

Selain evakuasi, Kepala Negara meminta percepatan pertolongan medis kepada korban. Ia menginstruksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mempercepat pengiriman tim medis ke lokasi.

Selain itu tempat pelayanan kesehatan dan rumah sakit di lapangan juga perlu diperbanyak. "Pastikan ketersediaan tenaga medis dan obat-obatannya," ujar dia.

Jokowi pun telah mengetahui adanya kendala pengiriman logistik ke lokasi bencana akibat cuaca ekstrem. Meski begitu, ia tetap meminta kebutuhan para pengungsi perlu segera ditangani.

Untuk itu, BNPB dan pemerintah daerah perlu mendata titik pengungsian. Hal ini untuk memastikan logistik yang diperlukan, seperti tenda, dapur umum, kebutuhan bayi dan anak-anak, air bersih, hingga MCK.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement