Bertemu Menlu Inggris, Menlu Retno Minta Dukungan Pasokan Vaksin

Retno juga mengajak Inggris fokus kerja sama di sektor kesehatan dengan RI
Image title
Oleh Rizky Alika
7 April 2021, 17:14
vaksin covid-19, virus corona, inggris, menteri luar negeri
ANTARA FOTO/REUTERS/Courtesy of Indonesia's Ministry of Foreign Affairs/Handout /WSJ/dj
Menlu Indonesia Retno Marsudi berbicara pada rapat tak resmi secara virtual dengan sejumlah menteri luar negeri dan perwakilan Perbara (ASEAN), di Jakarta, Indonesia, Selasa (2/3/2021). Retno pada Rabu (7/4) bertemu Menlu Inggris Dominci Raab dan meminta Inggris beri dukungan vaksin.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab pada Rabu (7/4). Dalam pertemuan tersebut, Retno mengajak Raab mendukung vaksinasi dan berbagi vaksin Covid-19 dengan negara lain.

Salah satu dukungan yang bisa diberikan adalah saling berbagi vaksin global lewat COVAX AMC Engagement Group. Retno mengatakan diinya akan memastikan kesetaraan akses vaksin terutama bagi 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah.

“Solidaritas dan kerja sama adalah kunci bersama-sama keluar dari pandemi,” kata Retno saat meyampaikan keterangan pers usai pertemuannya dengan Raab di Jakarta, Rabu (7/4).

 

Retno juga mengusulkan sektor kesehatan sebagai salah satu bagian penting forum kemitraan kedua negara. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain pengembangan industri kesehatan dan farmasi serta produksi vaksin.

Secara khusus Retno mengajak Negeri Ratu Elizabeth membangun ketahanan sektor kesehatan dalam menghadapi Covid-19. “Inggris adalah mitra yang tepat mengembangkan kerja sama ini,” katanya.

Adapun Raab menyambut tawaran kerja sama dengan RI serta akan mendukung upaya kesetaraan vaksin. Inggris telah menyumbang satu juta dosis vaksin Covid-19 dan menggalang dana US$ 1 miliar atau Rp 14,5 triliun dengan negara donor demi mendanai program ini.

Selain itu mereka juga telah menyumbang 5 juta poundsterling kepada ASEAN untuk merespons dampak corona kepada kesehatan dan ekonomi. “Kami mencatat 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca sampai di Indonesia melalui COVAX,” katanya.

Adapun Raab dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo hari ini. Dari keterangan tertulis Kemenlu, pertemuan antara Raab dengan Pemerintah RI akan membahas berbagai topik mulai dari upaya pemulihan dari pandemi Covid-19 hingga keamanan siber.

Kemudian, kedua belah pihak akan membahas kerja sama dalam menegakkan aturan berdasarkan sistem internasional, ekonomi dan perdagangan bilateral. Lalu membangun kemitraan perdagangan antara Inggris dan Indonesia yang saat ini bernilai £ 2,7 miliar/tahun, perdamaian dan keamanan, lingkungan, kerja sama internasional, dan keamanan siber.

Raab juga akan bertemu dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk membahas langkah internasional menghadapi pandemi serta kerja sama bilateral di bidang kesehatan seperti telemedicine hingga program genome sequencing melalui pendanaan Inggris, Fleming Fund.

Terakhir, Dominic Raab akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi seiring upaya Inggris untuk meningkatkan hubungan yang lebih dekat dengan organisasi negara Asia Tenggara.

 

Reporter: Rizky Alika, Antara

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait