Gelar Harbolnas Lebaran, Pemerintah Subsidi Ongkir Rp 500 Miliar

Rizky Alika
7 April 2021, 17:51
harbolnas, subsidi, lebaran, covid-19
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Seorang petugas jasa pengiriman menimbang barang yang akan dikirim di Jakarta, Kamis (12/12/2019). Pemerintah akan memberi subsidi Rp 500 miliar untuk ongkir saat harbolnas lebaran 2021.

Pemerintah akan mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga nasional terutama di saat pandemi Covid-19. Untuk itu, mereka akan memberikan subsidi ongkos kirim Rp 500 miliar saat hari belanja online nasional (harbolnas) jelang lebaran mendatang.

Kebijakan ini merupakan amanat Presiden Joko Widodo untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lewat peningkatan konsumsi menjelang Lebaran. Hari belanja nasional ini akan berlaku pada H-10 hingga H-5 Lebaran. 

"Belanja nasional melalui online ditujukan untuk produk nasional. Pemerintah akan mensubsidi ongkos kirim sehingga pemerintah siapkan Rp 500 miliar," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai menghadiri Rapat Sidang Kabinet dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (7/4).

Selain itu, pemerintah juga akan mempercepat penyaluran perlindungan sosial, yaitu penyaluran Program Keluarga Harapan, kartu sembako, Bantuan Langsung Tunai, dan penyaluran sembako. Seluruh bantuan pada Juli akan disalurkan lebih awal dua bulan, yaitu pada Mei.

Sedangkan penyaluran perlindungan sosial diperkirakan menghabiskan angaran Rp 14,12 triliun. "Harapannya Produk Domestik Bruto 9PDB) triwulan II tumbuh positif," ujar dia.

Sebelumnya pemerintah telah merilis beberapa kebijakan demi memacu ekonomi di kala pandemi. Salah satunya adalah perluasan diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk mobil berkapasitas 1.500 cc hingga 2.500 cc.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...