Jokowi Buat Kementrian Investasi, Gabung Ristek-Dikbud, Ada Reshuffle?

Ameidyo Daud Nasution
9 April 2021, 13:19
reshuffle, Joko Widodo, reshuffle kabinet
Youtube/Seretariat Presiden
Rapat paripurna DPR menyetujui rencana Jokowi mengubah nomenklatur Kementerian. Hal ini membuka peluang terjadinya reshuffle kabinet.

Rapat Paripurna Dwan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui penggabungan sebagian tugas dan fungsi Kementerian Riset dan Teknologi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nantinya Kementerian yang dipimpin Nadiem Makarim ini bernama Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi. Hal ini membuka peluang terjadi perombakan atau reshuffle kabinet. 

Selain penggabungan, rapat juga menyepakati pembentukan Kementerian Investasi untuk meningkatkan penanaman modal dan menciptakan lapangan pekerjaan. Adapun Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 menyatakan pengubahan kementerian dilakukan sesuai pertimbangan DPR.

Advertisement

Keputusan ini sah usai dewan menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 yang dikirimkan Presiden Joko Widodo. Perubahan ini sudah dibahas dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 8 April 2021.

“Apakah hasil keputusan Rapat Pengganti Bamus terkait pertimbangan dan pembentukan kementerian dapat disetujui,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dalam Rapat Paripurna DPR di Jakarta, Jumat (9/4) dikutip dari Antara. Anggota yang hadir dalam rapat menyatakan persetujuan.

 Meski demikian, belum diketahui nasib pejabat terkait di posisi sebelumnya. Sebelumnya Menristek dijabat oleh Bambang Brodjonegoro merangkap Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.  

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement