Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan pada Selasa Besok 13 April

Ameidyo Daud Nasution
12 April 2021, 19:23
ramadan, sidang isbat, hilal, puasa
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/aww.
Mahasiswa Universitas NU (Unisnu) belajar menggunakan teleskop untuk mengamati hilal 1 Ramadhan di Pantai Semat, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (10/4/2021). Pemerintah menetapkan 1 Ramadan Jatuh pada Selasa (13/4).

Pemerintah menetapkan 1 Ramadan atau dimulainya puasa jatuh pada Selasa (13/4). Hal tersebut diputuskan setelah Kementerian Agama menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1442 Hijriah pada Senin (12/4).

Kesepakatan awal Ramadan 1442 Hijriah berdasarkan perhitungan secara astronomi dan Rukyatul Hilal di 34 provinsi Indonesia. Hasilnya, sebanyak 13 orang  melaporkan adanya kemunculan hilal.  

“Keputusan Sidang Isbat, tanpa ada perbedaan, bersepakat 1 Ramadan jatuh pada 13 April 2021,"  kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas dalam siaran virtual di kantornya, Jakarta, Kamis (23/4).

Yaqut mengatakan dengan keputusan ini, maka umat Islam bisa menjalankan ibadah Salat Tarawih. Dia juga mengucapkan selamat beribadah kepada mereka yang menjalankan. "Kepada saudara muslim, mari ciptakan suasana Ramadan dengan kekhusyukan," katanya. 

Dia juga mengatakan ibadah Ramadan bagi wilayah hijau dan kuning Covid-19 sudah bisa dilakukan di luar rumah dengan pembatasan 50 persen. Adapun, zona merah dan oranye diminta untuk beribadah di rumah. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...